Hallo Sobat .. , Selamat datang di blog saya :)
- Bunga Derima Putri

Kamis, 14 Agustus 2014

Pengertian , Manfaat , Aplikasi Internet


1. Pengenalan Internet

    Seperti yang sudah di bahas di postingan sebelumnya

  • Internet yang berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya.
Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, biasanya Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada di kota Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet ataupun Anda dapat menggunakan fasilitas dari Telkom yakni Telkomnet Instan.
Dengan memanfaatkan internet, pemakaian komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk salingberkomunikasi dan pemakaian bersama informasi dengan cara saling kirim e-mail, menghubungkan ke komputer lain, mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu pada newsgroup dan lain-lain.

2. Manfaat Internet

Tingginya mobilitas penggunaan internet menuntut jaringan yang fleksibel, sehingga seseorang yang sedang berpergian tetap dapat mengakses internet walaupun di dalam mobil yang sedang berjalan, sehingga dikembangkannya jaringan tanpa kabel (wireless). Berikut manfaat internet secara umum.


  • 1. Mencari informasi (hosting) dan research di internet
Hosting dilakukan seseorang untuk mencari berita, referensi, maupun bacaan. dengan hosting, pengguna dapat memperoleh informasi yang banyak. Bahkan, pengguna internet sering mengupload hasil penelitian, penulisan, dan karya terbarunya ke internet agar dapat diakses oleh pengguna lain.


  • 2. Berkirim surat (e.mail)
E.mail merupakan suatu kegiatan berkirim surat melalui media internet. E-mail (Electronic mail) sudah banyak digunakan saat ini dan sangat populer. Di mana pengirim dapat mengirimkan surat secara langsung dan penerima surat yang letaknya berjauhan juga dapat secara langsung menerima surat tersebut dengan syarat keduanya sedang online.


  • 3. Berbelanja online (e-commerce)
E-commerce (Electronic commerce) adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet. Internet memungkinkan orang atau organisasi yang berada pada jarak yang jauh dapat saling berkomunikasi dengan biaya yang murah. Ada banyak bentuk perdagangan secara elektronik yang banyak dilakukan saat ini. Misalnya, internet banking, pembelian dan penyediaan barang, toko online, dan sebagainya. Di Indonesia telah disediakan beberapa website khusus sebagai website untuk penjualan barang-barang seperti glodokshop.com, apotikonline.com, tokobagus.com, zalora.com, dan lain-lain.


  • 4. Internet banking
Internet banking atau electronic banking (e-banking), cyberbanking, virtual banking, home banking, maupun online banking adalah aktivitas perbankan yang dilakukan dari rumah, kantor, atau tempat-tempat lain dengan memanfaatkan internet. Manfaat adanya internet banking bagi nasabah, yaitu nasabah tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi perbankan, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan kapan saja dan di mana saja (asalkan tersedia fasilitas internet). Sedangkan bagi pihak bank, internet banking memungkinkan bank untuk mengurangi biaya operasional. Di Indonesia bank-bank yang telah menyediakan jasa internet banking antara lain Bank BCA, Bank Mandiri, Lippo Bank, BII, dan lain-lain.


  • 5. Belajar jarak jauh (e-learning)
E-learning atau sering disebut juga dengan e-education adalah kegiatan belajar pada tempat yang saling berjauhan dengan menggunakan media tertentu, misalnya Volp, Skype, dan sebagainya. Di Indonesia yang mempinyai program belajar jarak jauh, misalnya Universitas Terbuka. Internet merupakan alat komunikasi yang murah. Internet juga memungkinkan terjadinya dialog seseorang dengan orang lain (one to one communication) dan dialog seseorang dengan banyak orang (one to many communication). Selain itu, internet juga memungkinkan terjadinya komunikasi dengan tatap muka melalui teleconference. Pemanfaatan internet akan membuat proses belajar jarak jauh menjadi lebih efektif dan hasil yang diperoleh pun akan menjadi lebih maksimal.


  • 6. Mengobrol (chatting)
Chatting adalah kegiatan atau pola bicara di internet. Jika telepon menggunakan bunyi untuk berkomunikasi, sedangkan chatting di internet menggunakan media tulisan. Sama halnya dengan fasilitas lainnya, dalam internet menawarkan kemudahan, kecepatan, dan biaya yang murah.

3. Beberapa Aplikasi Internet 

Aplikasi Internet yang tersedia saat ini sudah banyak dan terus bertambah seiring dengan perkembangan teknologi yang ada di dalam internet.Aplikasi-aplikasi di Internet kemudian digunakan dalam segala bidang seperti akademis,militer,medis,media massa,dan berbagai sektor industri lainnya.

Contoh Aplikasi Internet: www,electronik mail,mailing list newsgroup,internet relay chat,file transfer protokol ,telnet,gopher,dan ping.

Fungsi dan Pengertian aplikasi yang ada di dalam internet

  • 1.WWW( WORLD WIDE WEB)

Aplikasi yang paling menarik di internet dan seperti e-mail.Web dibuat dengan format hypertext dan hypermediadengan menggunakan HTML.HTML memiliki kemampuan untuk mrnghubungkan(link) sebuah dokumen dengan dokumen yang lain.HTML dapat memuat:teks,gambar,animasi, audio dan vidio.

  • 2.E-mail (Electronic Mail)

yaitu salah satu kemudahan atau aplikasi yang paling banyak di internet,karena e-mail merupakan alat komunikasi yang paling murah dan cepat.konsep e-mail adalah seperti anda mengirimkan surat di pos biasa,dengan beralamatkan tempat yang anda tuju.Dengan e-mail data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan sangat cepat.E-mail juga dapat digunakan untuk mengirim file-file(program gambar,grafik dsb)

  • 3.Mailing List(MILIS)

yaitu aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail.Milis merupak bentuk lain dari e-mail dan memiliki sifat yang sama dengan e-mail.digunakan oleh kelompok- kelompok untuk bertukar informasi dan bediskusi sesama anggota kelompok.

  • 4.Newgroup

yaitu forum pebincangan atau boleh dibayangkan sebagai suatu tempat dimana terdapat ruangan-ruangan perbincangan yang unik,dan tiap-tipa ruang memiliki topik perbincangan yang berbeda.Newgroup juga dianggap sebagai BULLETIN BOARD yang ada di sekolah atau kantor,dimana setiap orang boleh meletakkan artikel-arikel atau pendapat-pendapatnya.

  • 5.Internet Relay Chat(IRC)

yaitu aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet atau yang biasa disaebut dengan istilah chatting.Chatting dapat dilakukan dengan cara mengetik teks dan mengirimkannya kepada teman chatting anda.Melalui chatting kita dapat berkenala dan bercerita dengan orang-orang yang ada di seluruh dunia.

  • 6.File Transfer Protocol(FTP)

yaitu aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari sebuah komputer lain.Digunakan untuk mencari dan mengambil(dwonload) arsip file di suatu server di internet.FTP juga digunakan untuk meng-ulpoad file materi situs(homepage) sehingga dapat diakses oleh pengguna dari pelosok dunia.

  • 7.Talent

yaitu aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh.Dapat digunakan apabila mempunyai alamat IP(IP address) dari komputer yang akan diakses dan juga harus mempunyai hak akses (User ID dan password)

  • 8.Gopher

yaitu aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet.Namun informasi yang dicari hanya terbatas pada teks.Untuk mendapatkan informasi dari Gopher ,kita harus menghubungkan diri dari gopher server yang ada di intrnet.

  • 9.Ping/paket internet gopher

Untuk mengetahui apakah komputer yang digunakan mempinyai sambungan?(terkoneksi) dengan komputer lain di internet

3 komentar: