Hallo Sobat .. , Selamat datang di blog saya :)
- Bunga Derima Putri

Rabu, 02 April 2014

8 FAKTA MENGEJUTKAN FILM DISNEY


Mungkin banyak dari anda yang sudah tahu mengenai beberapa propaganda dari banyak produsen film di Hollywood, salah satunya Disney. Berikut saya akan memberikan beberapa fakta yang mungkin anda sendiri tidak tahu mengenai film-film Disney:

1. Disney Membuat Film Propaganda Perang Sampai Kemenangan Piala Oscar


Film propaganda perang yang dimaksud adalah Der Fuehrer’s Face yang berlatar tanah Nazi, dimana dalam film tersebut awan dan pohon berbentuk seperti swastika dan rumah berbentuk seperti Hitler, termasuk Joseph Goebbels dan Benito Mussolini yang terlihat bernyanyi di tengah jalan dan membanggakan rezim Nazi.

Disney Bebek versi Nazi juga pernah dibuat Disney. Saat dia sedang sarapan sambil membaca buku Mein Kampf dan duduk dibawah foto Hitler. Donald lalu pergi ke pabrik , dimana dia membuat peluru di karet berjalan dan hormat ke foto Hitler di dekatnya.



Selain propaganda perang tadi, Disney juga membuat film tentang propaganda kemenangan filmnnya di piala Oscar. Donald mulai berhalusinasi dan menjalani petualangan aneh disana, Donald harus memastikan itu hanya sekedar mimpi buruk. Dari film pendek itu, Donald Bebek memenangkan Academy Award 1943 di kategori Best Short Film dan sampai film ini hanya film Donald Bebek yang mendapatkannya.


2. Semua Putri-Putri Disney Adalah Remaja

Tidak dipungkiri lagi bahwa banyak anak perempuan yang ingin menjadi putri seperti para putri di Disney, tapi tahukah anda bahwa semua putri-putri di Disney bukanlah perempuan dewasa melainkan masih remaja. Ini buktinya:
  • Snow White - 14 tahun
  • Cinderella - 16-19 tahun; umurnya memang tidak spesifik, tapi mengalami perkawinan di umur semuda itu jelas bukan contoh yang baik.
  • Aurora - 16 tahun; mendapat kutukan diumurnya yang semuda itu?kasian…
  • Ariel- 16 tahun; diketahui saat di filmnya, ayahnya mengadakan pesta ulang tahunnya yang ke-16.
  • Belle - 17-21 tahun; umurnya juga belum bisa diketahui pasti tetapi tinggal bersama ayahnya dan si buruk rupa di umurnya yang semuda itu sebenarnya juga merupakan penderitaan sendiri. Umur Belle diketahui dari mawar yang akan gugur saat umur Belle 21 tahun.
  • Mulan - 16 tahun; diumurnya yang masih 16 tahun dia harus pergi berperang dan memegang beban seberat itu.
  • Jasmine - hampir 18 tahun; di film, dia menikah di umurnya yang masih 18 tahun.
  • Pocahontas - 17 tahun; kenyataannya, Pocahontas masih berumur 11 tahun saat dia bertemu dengan John Smith. Pembuat film membuatnya lebih muda agar kesan romantisnya dapat, bagaimanapun juga dia tidak dapat lebih tua lagi, karena Pocahontas hanya hidup sampai umur 21 tahun.
  • Tiana - 19 tahun; awal film dimulai di tahun 1912 saat umur Tiana 5 tahun, 14 tahun kemudian, dia bekerja sebagai pelayan.
  • Rapunzel - 18 tahun; ulang tahunnya yang ke-18 diperlihatkan di dalam film.

3 .Ariel Adalah Satu-Satunya Putri Disney Yang Mempunyai Anak


Satu lagi contoh buruk dari putri Disney adalah Ariel. Di film The Little Mermaid 2: Return to Sea, anak perempuan Ariel, Melody adalah anak yang suka memberontak seperti Ariel. Bedanya, Melody adalah manusia dan dia ingin menjadi putri duyung. Ok, maksud saya contoh tidak baik adalah diumur Ariel yang masih 16 tahun, dia sudah mempunyai anak yang seorang pemberontak.


4. Hercules Mempunyai Kulit Scar (Lion King)


Dalam film Hercules di tahun 1997, Hercules berpose di lukisan vas. Dapat dilihat bahwa dia memakai kulit singa dan Hercules membuang kulit yang dia pakai ke kaki Phil, anda dapat lihat sendiri itu adalah kulit dari Scar (karakter antagonis di Lion King).


5. Pumbaa Adalah Karakter Pertama Disney Yang Kentut Di Film


Disney selalu sangat berhati-hati menjaga nama baik semua produk Walt Disney. Karena itu Disney selalu mencatat apa yang dilakukan salah satu karakter Lion King di film: kentut. Candaan kentut memang sangat populer dimasa itu, tapi tidak di masa sekarang.

Beberapa fakta menarik mengenai The Lion King:
The Lion King tercata sebagai penjualan VHS terbaik sepanjang masa, mereka menjual sebanyak 50 juta copy.
Ini adalah kartun Disney pertama yang di dubbing ke bahasa Zulu.
Banyak nama-nama karakter The Lion King yang diambil dari bahasa Swahili.
Mr. Bean menjadi pengisi suara Zazu.
Pembuatan adegan gerombolan wildebeest membutuhkan waktu 3 tahun mengan teknologi CGI.



6. Disney Digugat Atas Pencemaran Nama Baik Terhadap Hyena


Penggambaran Hyena di The Lion King membuat beberapa peneliti yang bekerja dengan Hyena melakukan protes dan ingin memboikot The Lion King. Merekan menggugat Disney atas pencemaran nama Hyena, yang dimaksud adalah penggambaran Hyena sebagai karakter jahat dan bodoh juga sebagai anak buah Scar. Kekhawatiran para peneliti ini adalah berkurangnya populasi Hyena.

Kontroversi lainnya mengenai Tha Lion King adalah pertunjukan Jepang yang dinamakan Kimba, The White Lion. Banyak juga adegan dalam The Lion Kingyang sama persisi dengan acara Jepang ini. Pada akhirnya, studio Jepang ini tidak jadi digugat karena kualitas pengacara Disney yang kurang bagus. Isu yang berkembang, Disney membayar studio Jepang ini untuk tutup mulut.

Menariknya, Lion King tidak pernah diduga akan tampil di layar lebar. Banyak yang tidak mau berinvestasi dengan alasan plot cerita yang kurang dan lebih baik berinvestasi untuk Pocahontas yang diprediksi lebih baik daripada The Lion King. Kenyataannya The Lion King menjadi film animasi tersukses sepanjang masa.



6. Di Film Hercules, Satu-Satunya Karakter Yang Tidak Memakai Nama Yunani Adalah Hercules Sendiri


Hercules, adalah salah satu film animasi Disney yang paling terkenal. Film yang rilis tahun 1997 ini menggunakan latar legenda Yunani yang menceritakan tentang anak dari Zeus yang ingin menjadi dewa seperti ayahnya. Tapi tahukah anda bahwa Hercules adalah satu-satunya karaktter yang tidak menggunakan nama Yunani. Hercules Sebenarnya adalah nama Romawi. Sebenarnya nama Hercules versi Yunani adalah Herakles tapi Disney menganggap Hercules lebih enak didengar.


7 .Pocahontas Berumur 11 Tahun Saat Bertemu John Smith Yang Berumur 28 Tahun


Film Disney yang bercerita tentang percintaan putri Amerika dan kolonis Inggris, Pocahontas ini terdapat adegan 2 orang dewasa yang saling cinta setelah Pocahontas menyelamatkan nyawanya. Film yang menuai sukses ini ternyata diadaptasi dari kisah nyata. Banyak orang yang tidak tahu itu bahkan Disney tidak tahu persis mengenai kisah sebenarnya. Berikut adalah beberapa highlight dari kisah nyatanya:

  • Pocahontas sebenarnya berumur 11 tahun saat bertemu dengan John Smith yang berumur 28 tahun.
  • Cerita di film, penyelamatan itu membuat mereka jatuh cinta, tapi di kehidupan sebenarnya mereka tidak pernah saling jatuh cinta.
  • Pocahontas membantu John Smitn dengan memyediakan tempat tinggal dan menyediakan makanan saat musim dingin.
  • Pada suatu musim panas, Pocahontas tiba di koloni dan menanyakan tentang keberadaan Smith, tapi dijawab bahwa Smith sudah mati. Sebenarnya Smith sudah pulang ke Inggris dengan kaki kayunya.
  • She later met a man named John Rolfe. They eloped to England.
  • Kehidupan Pocahontas berakhir dengan statusnya sebagai putri luar dengan kehidupannya yang serba mewah diantara orang-orang terkaya dan paling berpengaruh di Eropa.
  • Tragisnya, saat umurnnya 21, dia terkena penyakit dan tubuhnya tidak dapat menahannya hingga meninggal. Dia tidak pernah kembali ke kampung halamannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar